Kenapa Bisa Muncul Lesung Pipit di Pipi ?

wahh udah lama begini yaa ga ngepost lagi diblog terrrcinta πŸ˜€

wehh, hari ini hmm mau coba bahas ah mengenai lesung pipit di pipi hehe, kadang kita suka bertanya-tanya ga sih kenapa lesung pipit itu bisa terjadi ?Β kata orang tua dulu sih, kalau anaknya pengen punya lesung pipit di pipi pas waktu orok pipinya itu ditusuk-tusuk pake cabe merah *wahh wahh.. dan masih banyak lagi versi-versinya ,buat sahabat blogger boleh dishare kan disini πŸ˜€

hmm sebenernya bagaimana sih munculnya lesung pipit itu ??

ini dia.. lesung pipit atau lekuk kecil yang ada di pipi seseorang memang bisa menambah kecantikan atau ketampanan. *kaya afgan gitu deh jadi makiiin keci dengan adanya lesung pipit di pipi sebelah kanan dan kirinya πŸ˜€ #sukasuka heheheΒ tapi sahabat, tidak semua orang memiliki lesung pipit di wajahnya. *termasuk saya juga kayanya gda nih 😦 . kenapa ya ada orang yang memiliki lesung pipit dan ada juga yang tidak?

hmm beberapa masyarakat ada yang percaya dengan mitos bahwa lesung pipit bisa terbentuk dengan cara menusukkan ujung cabai ke pipi bayi, seperti kata saya tadi πŸ˜€ . tapi ternyata mitos tersebut tidaklah benar, karena lesung pipit terjadi akibat kelainan dari otot pipi yang diturunkan. nah loh sahabat lesung pipit itu terjadi akibat adanya kelainan pada otot, hmm berbahaya ga ya ? *lanjuuutttt…

Lesung pipit bisa muncul di kedua pipi atau hanya di salah satu pipi saja dan biasanya akan terlihat dengan jelas di wajah seseorang ketika ia sedang tersenyum, berbicara atau tertawa. Beberapa orang memiliki lesung pipi yang dalam dan sangat terlihat, *kaya afgan πŸ˜€ sedangkan yang lainnya hanya terlihat samar-samar.

Fenomena lesung pipit dipengaruhi oleh faktor genetik dan diperlukan gen lesung pipit yang dominan. jika salah satu orangtua atau kakek neneknya memiliki lesung pipit, maka ada kemungkinan lesung pipit ini akan diturunkan ke generasi berikutnya. Anak-anak yang terlahir dari salah satu orangtua dengan lesung pipit akan memiliki kesempatan sebesar 25-50 persen. ternyata faktor genetik juga mempengaruhi yaa..

Hmm seperti dikutip dariΒ NCTimes, Rabu (29/12/2010) Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center dalam makalah yang diterbitkan jurnalΒ Clinical AnatomyΒ tahun 1998, menuturkan lesung pipit disebabkan oleh kecacatan dari otot zygomaticus utama.

Lesung pipit yang muncul pada wajah seseorang diakibatkan oleh ototΒ zygomaticusΒ utama yang lebih pendek daripada ukuran sebenarnya atau otot ini terbelah menjadi dua, kondisi ini menyebabkan adanya lekukan pada pipi. jadi ketika seseorang tersenyum atau berbicara, maka ada daya tarik dari kulit yang membuat lesung pipit muncul akibat efek penarikan kulit tersebut. Hal ini diketahui setelah peneliti membedah anatomi wajah 50 mayat yang memiliki lesung pipit. Lesung pipit umumnya tidak terlihat ketika seseorang sedang diam, karena otot pipi tersebut tidak mengalami penarikan atau dalam posisi diam.

Beberapa orang ada yang hanya memiliki lesung pipit ketika masih anak-anak atau muda. Hal ini karena seiring waktu otot wajah ini secara perlahan akan meregang yang membuat lesung pipit memudar atau hilang.

jadi seseorang yang memiliki lesung pipit (akibat kelainan otot) tidaklah berbahaya πŸ˜€

dan mitos-mitos itupun bisa terbinasakan dengan adanya penelitian medis ini :), jadi nanti kalau ada yang bertanya bagaimana lesung pipit itu bisa muncul ? karena adanya kelainan otot, bukan karena ditusuk-tusuk cabe sewaktu orok πŸ˜€

Picture2

Recent Posts :

Iklan

42 thoughts on “Kenapa Bisa Muncul Lesung Pipit di Pipi ?

  1. btw nih,kalo misalnya diatas pipi itu lesung bukann? πŸ˜€
    soalnya kata temen” itu lesung πŸ˜€

    Suka

Give me your opinion ***

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s