Cegah Osteoporosis Sejak Dini In Harmony Clinic

akibat-patah-tulang

Halloooo sobat blogger โ€ฆ !!

Udah hari kedua puasa nih, masih tetep semangat kan ? ๐Ÿ™‚

Bytheway, kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya mengikuti talkshow kesehatan kemarin. Osteoporosis udah pasti tau kan dengan istilah itu? Yap! Pengeroposan tulang. Sereeeem yaaa ternyata osteoporosis ini juga bisa menyerang kita-kita yang masih muda ini x_x apalagi kaum hawa memiliki potensi besar terkena osteoporosis dibandingkan dengan kaum adam. Kenapa? karena perempuan memiliki hormon estrogen yang memiliki fungsi sebagai pengikat tulang, semakin perempuan bertambah usia maka hormon estrogen akan menurun (menopause) dan mempengaruhi kesehatan tulang. Perempuan dipengaruhi oleh faktor hormon, struktur tulang dan usia, makanya lebih rentan deh. Nah loohh sobat, dari sekarang kita sebagai kaum hawa harus benar-benar menjaga pola makan yaa dan teratur berolahraga *mungkin untuk sebagian orang berolahraga secara teratur sangatlah mudah, tapi tidak termasuk saya hehehe ๐Ÿ˜€ Katanya pengisi Talkshow kemarin , olahraga itu adalah jurus jitu untuk mencegah osoteoporosis selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Hmmm skip dlu deh ngebahas talkshow kemarin ๐Ÿ˜€

Ohyaa.. nyambung ke materi talkhsow kemarin, dulu saya pernah terkena gejala osteoporosis lho sob, yang saya rasakan tulang saya itu kalau digerakkan nyeri snut snut snut. Beberapa hari saya merasakan itu segera saya periksakan ke dokter, dan dokter bilang kalau itu memang benar gejala osteoporosis. Ditambah saya jarang berolahraga dan kurang suka minum susu, jadi asupan nutrisinya kurang salah satunya asupan kalsium ๐Ÿ˜ฆ nyeseeel deh kalau udah gitu, terus dokter menganjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan tak lupa banyak minum air putih. Katanya juga kalau saya belum terbiasa dengan berolahraga secara teratur, coba membiasakan diri untuk berjemur. Alhamdulillah setelah beberapa minggu saya coba untuk berjemur setiap pagi dan menjaga pola makan, sekarang tulang saya sudah tidak merasakan nyeri-nyeri lagi. Dan saat ini saya mencoba untuk melakukan olahraga secara rutin dan berusaha memaksa diri untuk mau minum susu hihihi .. ada rumusnya loh :

Dipaksa โ†’ Terpaksa โ†’ Bisa โ†’ Biasa โ†’ย Budaya

Jadi segala sesuatu harus dipaksa dulu yaa sob ๐Ÿ˜€ kalau ga begitu ya makin susah.

hmm dari pengalaman diatas ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan untuk tindakan pencegahan penyakit osteoporosis :

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Ini yang penting, karena makanan dan minuman adalah kebutuhan primer kita.ย Menjaga kesehatan tulang dengan baik dengan makanan dan minuman yang sehat. Makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang tinggi dan mengandung vitamin D misalnya keju, sayuran hijau, Susu, Yoghurt, kacang kedelai,susu kedelai, ikan salmon, oatmeal, brokoli, pisang, dan masih banyak lagi

  1. Olahraga teratur (Pastinya)

Memang banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika kita sudah terbiasa dengan berolahraga. Jika olahraga di lakukan sejak masa muda dengan teratur maka kondisi tulang pun juga akan selalu sehat bahkan hingga di usia tua. Baiklah !!! mulai saat ini mari budayakan olahraga walaupun hanya olahraga yang ringan saja hihihi

  1. Berjemur dibawah sinar matahari pagi

Nahh.. ini yang saya lakukan dulu hehehe buat sobat-sobat yang kurang suka dengan berolahraga bisa lakukan tips ini.ย Berjemur dengan sinar matahari pagi bukan hanya untuk bayi yang baru lahir saja tapi juga bisa mencegah penyakit osteoporosis dengan catatan dilakukan secara teratur hihi.ย Jadi sobaaat kalau ada matahari pagi sebaiknya jangan dihindari ya dengan alasan โ€œAduh ..nanti kulitku hitamโ€ tidak itu tidak akan terjadi ko ๐Ÿ™‚

  1. Banyak minum air putih

Jarang minum air putih selain membuat gagal fokus bisa menyebabkan osteoporosis juga. Karena selain bisa menghaluskan wajah, air putih juga bisa menguatkan tulang. Jadi banyak minum air putih ya sob 8-10 gelas per harinya ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜€

Itulah pengalaman yang bisa saya bagikan dengan sobat-sobat blogger, semoga ada manfaatnya ย yaa.. Lebih baik mencegah daripada mengobati ๐Ÿ™‚

** tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kesehatan dengan tema Tindakan Pencegahan Penyakit In Harmony Clinic

In Harmony Clinic

Tetep semangat dan jangan lupa bahagia ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Iklan

9 thoughts on “Cegah Osteoporosis Sejak Dini In Harmony Clinic

  1. Sama mbaa.. akupun susah bgt olahraga.biasanya sih jogging di taman jogging deket rumah. Ity juga cm bisa sabtu ama minggu. Pun ga teratur hihihi :p kbnyakan bablas tidurnya.. -_-.

    Tp memang hrs dipaksa lah. Ga pgn juga kalo udh tua ada mslh tulang. Apalagi aku doyan traveling. Pgn ttp bisa traveling meski udh tua

    Suka

    • Iyaaa mbaa bner, susah emaang ya klo ga dipaksa mah sampe kapan jg yaa males bawaanya ๐Ÿ˜€
      walau udah tua tapi punya tulang yg kuat mah traveling kapan aja juga okee ya mba hihi makasih sudah berkunjung ๐Ÿ˜‰

      Suka

Give me your opinion ***

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s