Sikap dan Keputusan

Uncomfortzone

Hidup itu pilihan, suka atau gak suka, mau atau gak mau, yaa harus tetap memilih. Memilih satu yang dianggap terbaik tanpa melupakan resiko-resiko yang harus di hadapi nantinya.

Berada di zona nyaman memang sangat mengasyikan, menyenangkan dan membuat hidup terasa sangat mudah dan enteng. Gak sedikit orang-orang memilih untuk tetap tinggal di zona nyaman mereka tanpa mereka tahu harus berapa lama mereka tetap stay di zona nyamannya atau segera keluar dan berani mengambil segala resiko yang ada. Memang perlu keberanian yang sangat luar biasa untuk melepaskan diri dari zona nyaman, perlu kesiapan mental yang matang setelah keluar dari zona nyaman dan perlu menutup telinga rapat-rapat agar tidak mendengarkan banyak ucapan-ucapan yang membuat langkah tersandung atau bahkan menghentikan langkah kaki. Ini yang aku lakukan ketika aku berani untuk melangkah keluar dari zona nyaman.

Karena keberanian adalah modal utama untuk melangkahkan kaki keluar dari zona nyaman. Bagiku berlama-lama dalam keadaan seperti itu tidak akan membuat diriku menjadi berkembang, otak tidak akan dipaksa untuk berpikir keras, dan badan tidak akan dipaksa untuk mau bekerja keras. Memang tak mudah bagiku untuk melepaskan apa yang sedang aku genggam, aku harus melepaskan karirku demi memprioritaskan hal yang lebih penting menurutku. Aku harus meninggalkan tempat kerja yang membuatku sangat merasa nyaman berada disana dengan gaji yang bagus dan jenjang karir yang menjanjikan. Aku harus berani mengambil keputusan untuk segera keluar dari sana, untuk apa aku berlama-lama diam disana, sedangkan selama diam disana aku tidak bisa memberikan suatu perubahan walaupun hanya kecil saja, aku dituntut untuk selalu manggut-manggut pada atasan walaupun aku tau itu tak baik jika dilakukan dan ini sangat bertentangan dengan hati nuraniku.

Memang gak sedikit orang menyukai tantangan yang gak bisa terus berada dalam suatu kondisi yang aku sendiri pun tidak bisa mengubahnya. Padahal kata Nabi sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Jika berada dalam zona nyaman tidak terlalu memberikan manfaat untuk orang banyak, lalu alasan apa untuk tetap bertahan ??

Bagiku uncomfortzone adalah tantangan baru yang harus dihadapi karena diluar sana banyak hal yang mesti dipelajari. Malahan sangat banyak yang harus dipelajari dan diamalkan tentunya. Karena hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan hal-hal yang tidak begitu memiliki manfaatnya khususnya untuk diri sendiri dan umumnya untuk orang lain. Zona nyaman, zona yang sangat diinginkan oleh setiap orang dan ketika memasuki zona nyaman mereka akan merasa tenang dan aman.

Padahal uncomfortzone tak kalah luar biasanya, ketika memasuki zona ini kita akan dituntut untuk berpikir keras dan bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Disini akan Allah kasih banyak ujian step by step, Allah akan menilai sejauh mana keseriusan kita dalam menekuni sesuatu dan melihat sejauh mana kesungguhan kita akan sesuatu itu, sejauh mana nanti kedekatan kita denganNya.

Tapi kembali lagi pada kepribadian masing-masing dan prioritas masing-masing. Apakah tetap di zona nyaman atau berusaha untuk mencoba hal baru dengan segala resiko yang sudah emnanti didepan sana ??

Give me your opinion ***

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s