Info

Rumah mungil, kenapa harus jadi masalah ?

Rumah mungil tidak selalu berarti penuh, kumuh, dan tidak menyenangkan. Terkadang seseorang mengeluhkan ukuran rumahnya yang kecil, sehingga akan sulit untuk di atur agar nyaman untuk di tinggali. Padahal lahan sempit tak jadi penghalang buat kita merasa nyaman di dalamnya. Kita hanya harus pandai dalam memodifikasi tampilan rumah kita agar lebih nyaman dan bikin kita betah di rumah.

Banyak cara yang bisa dilakukan dari yang mudah dengan biaya yang murah, sampai dengan cara yang rumit dengan biaya yang tidak sedikit.

Disini ada beberapa tips yang dapat saya bagikan agar rumah terasa lebih nyaman khususnya yang memiliki rumah mungil :

  • Pilihan Warna

Pemilihan warna dinding maupun interior ruangan sangat mempengaruhi mood penghuninya. Beberapa warna juga biasanya membawa mood masing-masing, seperti warna terang lebih memberi ruang lepas dan tampak luas, sehingga suasana terasa lebih cerah dan terang. Biasanya, ruang dapur dan kamar mandi lebih pas kalau diberi warna terang untuk menyambut datangnya pagi.

untuk meraih kesan pertama masuk rumah (ruang tamu), kamu bisa mencoba warna hijau atau yang membuat mata nyaman. Intinya, pilihlah warna yang menginspirasi, bukan sebaliknya.

  • Gabungan klasik dan modern

Tak sedikit yang lebih suka klasik tapi banyak juga orang menyukai konsep modern. Nah, menurut saya kenapa tidak digabungkan saja? Bisa jadi, meja ruang makan adalah kayu mahogani klasik, sementara lampu ruang tengah adalah versi modern. Tetapi, ada hal utama yang perlu diperhatikan untuk menggabungkan kedua konsep desain itu adalah keseimbangan. Setiap layer dari ruang bisa dikombinasi antara yang klasik dan modern. Stimulasi keduanya akan membuat sesuatu yang menarik dilihat.

  • Manfaatkan ruangan kosong se-efisien mungkin

Manfaatkan ruangan kosong di rumahmu untuk meletakkan barang, misalnya memanfaatkan ruangan di bawah tangga untuk menyimpan perkakasmu, dijadikan lemari atau buffet boleh juga.

  • Pemanfaatan ruang terbuka

Adanya ruang terbuka memberikan penerangan maksimal ke dalam rumah dan sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik. Masuknya pencahayaan sinar matahari ke dalam rumah akan membuat ruangan lebih terang sehingga akan terlihat lebih lapang.

  • Tirai.

Ketika memilih warna tirai ada juga yang harus diperhatikan. Usahakan warna tirai harus senada dengan warna dinding rumahmu. Sehingga ruangan kamu akan tampak lebih luas.

  • Gunakan pintu geser.

Pintu geser memang belum terlalu populer di indonesia. Padahal dengan kita menggunakan pintu geser, maka akan menghemat space tempat pada ruanganmu. Sehingga ruanganmu akan tampak lebih lapang dan nyaman. Di luar negeri sudah banyak yang menggunakan pintu geser sehingga itu menghemat space di ruangan rumah mereka. Nah, kenapa tidak kita coba untuk menggantinya dengan pintu geser?

  • Kamar tidur.

pada kamar tidur jangan gunakan sprei yang mempunyai corak/pola yang rumit, gunakanlah pola sederhana. Hal ini akan menambahkan kesan nyaman di pandang. Tak lupa gunakan juga cat warna putih pada dinding dan plafon kamar untuk menciptakan kesan luas pada kamar. Jangan coba-coba menggunakan warna yang gelap karena akan terkesan sempit dan pengap.

  • Penataan interior dan furnitur

Isi ruangan dengan furnitur berukuran kecil dan warna yang terkesan lembut dengan tujuan menghasilkan efek luas dan ringan. Pakai furnitur modular yang mudah dikombinasikan. Ini berguna sewaktu-waktu jika anggota keluargamu bertambah atau ingin memperluas ruangan. Furnitur modular dapat dibongkar dan dikurangi volumenya. Pilih kursi atau sofa yang memiliki sandaran rendah dan/atau tanpa lengan.

  • Lemari.

Untuk lemari coba gunakan lemari yang di lengkapi dengan cermin, disamping untuk memudahkan dalam berhias, cermin tersebut juga akan menambahkan efek luas pada ruangan. Dan khususnya untuk ruangan yang mungil pakailah furnitur dengan teknologi built in untuk menyiasatinya sehingga terlihat lebih luas.

10. Sedikit itu berkesan

Dan jangan sekali-kali percaya dengan ungkapan, the more, the better ! Lebih baik kamu menanamkan prinsip sedikit tapi memberi nilai lebih. Penempatan benda di ruangan mestinya lebih menggunakan sudut pandang kenyamanan dan ruang lepas. Jika terlalu banyak menyimpan benda dengan tidak teratur atau dimana saja tanpa memikirkan kenyaman maka akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Minimalis juga bisa jadi pilihan, bukan ?

Jadi inti yang terpenting dari semua tips ini adalah cukupnya jumlah cahaya. Penempatan barang-barang secara tepat dan teratur juga memiliki andil untuk membuat rumah tidak terasa penuh, apalagi berantakan.

Satu tanggapan untuk “Rumah mungil, kenapa harus jadi masalah ?

Give me your opinion ***

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s